Selasa, 04 Juni 2024

Holodomor Nakba! Zelensky: Ukraina Akui Palestina sebagai Negara Merdeka!

 Merdeka!















Holodomor Nakba! Zelensky: Ukraina Akui Palestina sebagai Negara Merdeka yang Berdaulat!

Saat pertama kali konflik di Jalur Gaza dan wilayah perbatasan Israel dengan kawasan tersebut Ukraina adalah salah satu negara yang paling aktif menyuarakan dukungannya terhadap Israel, kemungkinan sebab sangat wajar karena Rusia yang tentunya sekarang sebagai musuh Ukraina dan yang menginvasi negara tersebut mendukung Palestina.

Namun sekarang setelah banyaknya negara-negara yang justru pro dengan Palestina, Ukraina agak lain nih gansist. Melalui presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, pada Minggu, 2 Juni 2024 di saat dialog IISS Shangri-La Dialouge dirinya mengumumkan bahwa Ukraina akan mengakui Palestina sebagai negara merdeka. Keputusan ini diambil setelah tindakan serius Israel dalam konflik dengan Palestina dan meningkatnya dukungan internasional terhadap kemerdekaan Palestina.

"Ukraina mengakui dua negara, Israel dan Palestina, dan akan melakukan segalanya untuk menghentikan Israel, untuk mengakhiri konflik serta penderitaan warga sipil ini," tutur mantan aktor dan komedian pada pertemuan tersebut.


Quote:





Pengakuan Ukraina terhadap Palestina sebagai negara merdeka merupakan langkah penting dalam upaya mencapai perdamaian di Timur Tengah. Dalam solusi dua negara, Israel dan Palestina diakui sebagai negara yang berdaulat dan merdeka, sehingga masing-masing dapat hidup dalam perdamaian dan keamanan. Dengan semakin banyak negara yang mengakui Palestina, harapannya adalah konflik antara kedua negara tersebut dapat diselesaikan dengan cara damai dan dialog.

Namun, pengakuan Palestina sebagai negara merdeka oleh Ukraina juga dapat memicu reaksi negatif dari pihak Israel. Israel telah menentang solusi dua negara dan melakukan serangan yang merugikan warga sipil Palestina. Dengan pengakuan ini, diharapkan bahwa tekanan internasional terhadap Israel akan semakin meningkat agar mereka menghormati hak-hak rakyat Palestina dan berupaya mencapai perdamaian yang adil dan berkelanjutan.


Quote:





Namun awal konflik antara Rusia-Ukraina itu jauh terjadi sebelum itu, bahkan di saat masih bernama Uni Soviet pun terjadi peristiwa mengerikan di Ukraina yang dikenang dengan sebutan Holodomor. Seperti sebagaimana di Palestina, konflik bukan berawal dari tragedi 7 Oktober 2023. Karena jauh-jauh sebelumnya sudah sangat banyak terjadi peristiwa mengerikan semacam Holodomor Ukraina, semisal pembantaian Nakba.

Holodomor atau genosida Ukraina adalah peristiwa pembunuhan dan kelaparan massal di Ukraina pada tahun 1932-1933, dimasanya kepemerintahan rezim Soviet Joseph Stalin yang mengakibatkan korban jiwa 7 juta hingga 10 juta warga sipil Ukraina tewas. Sedangkan pembantaian Nakba atau malapetaka Palestina 15 Mei 1948 adalah penghancuran masyarakat dan tanah air Palestina yang mengakibatkan lebih dari 750 ribu warga Palestina terusir dari rumahnya, 400 desa dihancurkan dan 15 ribu warga Palestina tewas dalam operasi pembersihan etnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar